Berbagai Macam Penyebab Komputer Lemot Dan Solusinya

penyebab komputer lemot

Komputer lemot merupakan masalah yang umum di alami oleh banyak orang. Masalah semacam ini banyak di abaikan banyak orang karena mereka beranggapan bahwa masalah lemot pada komputer ini tidak akan membawa dampak yang banyak.

Padahal jika di perhatikan, komputer yang lemot akan sangat mengganggu, baik mengganggu pekerjaan anda bahkan juga dapat mempengaruhi keawetan dari komputer tersebut. Untuk dapat mengatasi komputer lemot tentu anda terlebih dahulu harus mengetahui penyebab komputer lemot. Sebenarnya penyebab komputer lemot ini sangat beragam dan belum di ketahui jelas penyebab pastinya. Namun ada beberapa hal yang di anggap menjadi faktor penyebab komputer lemot. Berikut beberapa hal yang dapat menjadi penyebab komputer lemot :

  1. Ukuran file temp besar

Ukuran file yang besar menjadi salah satu penyebab komputer lemot yang paling umum. Folder file temp ini akan penuh ketikan anda mengakses internet dan secara otomatis komputer akan menyimpan beberapa data ke komputer anda. ketika ukuran folder file temp ini terlalu besar maka akan membuat kinerja komputer menjadi lambat atau lemot.

Cara mengatasi komputer lemot akibat file temp yang terlalu besar adalah dengan membersihkan folder tersebut. proses pembersihan folder dapat di lakukan dengan menggunakan software cleaner.

  1. Banyak program instalan

Terlalu banyak program yang di instal di komputer anda juga menjadi penyebab komputer lemot yang banyak di jumpai. Pemilihan program yang penting untuk nada instal merupakan cara yang tepat untuk mengatasi masalah yang satu ini. Namun untuk anda yang sudah terlanjut menginstal banyak program, maka anda dapat menguninstal program-program yang anda rasa kurang penting. Selain itu anda juga bisa mendisable program tersebut agar tidak aktif saat komputer anda di hidupkan.

  1. Spesifikasi komputer rendah

Spesifikasi komputer terlalu rendah jika di banding dengan spesifikasi yang di butuhkan oleh aplikasi juga dapat menjadi penyebab komputer lemot. Agar komputer anda terhindar dari lemot salah satu caranya adalah dengan memilih aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi komputer. Misalnya aplikasi game atau aplikasi editing foto dan lain-lain.

  1. Komponen komputer rusak

Penyebab komputer lemot selanjutnya dikarenakan ada salah satu komponen komputer yang rusak seperti harddisk. Sebab jika terjadi kerusakan pada harddisk komputer maka kelemotan yang di rasakan akan sangat jelas. Cara mengatasi komputer yang lemot akibat kerusakan pada hardisk adalah dengan mengganti komponen harddisk yang rusak dengan yang baru.

  1. Virus

Virus juga dapat menjadi penyebab komputer lemot. Serangan virus yang datang melalui berbagai media harus di atasi dengan serius, ini dikarenakan virus yang hanya di biarkan begitu saja dalam jangka waktu yang lama akan membuat komputer anda mengalami kerusakan yang cukup serius. Cara mengatasi masalah virus ini dapat anda lakukan dengan cara selalu mengupdate database antivirus.

Dengan mengetahui 5 penyebab komputer lemot di atas semoga dapat menjadi pembelajaran agar anda selalu menjaga komputer anda terhindar dari lemot.

Leave a Reply