Cara Membersihkan Layar Laptop Yang Baik Dan Benar

cara membersihkan layar laptop

Laptop merupakan sebuah benda yang saat ini sudah sangat umum di miliki setiap orang. Kegunaan laptop yang sangat beragam menjadi alasan banyak orang untuk ingin memilikinya.

Namun terlepas dari kegunaannya, perawatan laptop juga sebaiknya harus sangat di perhatikan. Sebab jika anda melakukan perawatan yang baik maka keawetan laptop anda pun akan tahan lebih lama. Salah satu perawatan yang perlu di perhatikan dengan benar adalah cara membersihkan layar laptop.

Ya, cara membersihkan layar laptop tentu harus di lakukan dengan benar untuk menghindari kerusakan komponen atau hal lain yang tidak anda inginkan. Berikut panduan cara membersihkan layar laptop yang benar :

  1. Matikan laptop

Langkah pertama dalam cara membersihkan layar laptop adalah mematikan laptop. anda juga sebaiknya melepaskan kabel dari colokan listrik, hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kejutan listrik yang mungkin terjadi. Juga untuk menghindari kerusakan lainnya.

  1. Siapkan alat

Alat yang perlu di siapkan untuk membersihkan laptop antara lain adalah kain yang lembut dan cairan pembersih khusus. Pemilihan kain yang lembut ini berguna untuk menghindarkan layar laptop terkena goresan-goresan halus yang dapat terjadi jika anda menggunakan kain yang kasar. Selanjutnya pemilihan pembersih khusus juga sangat di sarankan, hindari cairan pembersih yang mengandung alkohol, karena alkohol dapat menimbulkan goresan dan juga noda yang melekat pada layar laptop. untuk mendapatkan cairan pembersih khusus layar laptop anda dapat membelinya di toko laptop atau kamera.

  1. Bersihkan dengan halus

Setelah semua bahan di siapkan, inti dari cara membersihkan layar laptop adalah menggosok layar laptop dengan alat yang sudah di siapkan tadi. Penggosokan layar laptop ini harus di lakukan dengan halus, tujuannya tak lain adalah untuk menghindari goresan pada layar. Anda juga sebaiknya jangan menyentuh layar laptop dengan keadaan kuku panjang, sebab kuku panjang ini dapat menjadi penyebab adanya goresan pada layar laptop.

Setelah layar laptop bersih, maka anda harus menjaga agar kebersihannya tetap terjaga dalam waktu yang lama. Salah satu cara untuk menjaga kebersihan layar laptop adalah dengan menutupnya jika tidak sedang di gunakan. Ini bertujuan untuk menghindari debu menempel di layar laptop.

Anda juga dapat menggunakan screen protection untuk menghindari goresan pada layar laptop. ya, selain cara membersihkan layar laptop yang benar, anda juga dapat menghindari goresan pada layar laptop dengan memasang screen protection.

Selain itu, ada beberapa hal tidak boleh anda lakukan saat membersihkan layar laptop, yaitu menyemprotkan cairan langsung ke layar laptop. cara membersihkan layar laptop dengan menyemprotkan cairan langsung ke layar dapat membuat cairan masuk ke layar laptop dan menyebabkan kerusakan pada komponen layar. Meskipun cairan ini dapat menguap, namun sisa-sisa cairan pembersih juga dapat meninggalkan noda atau bekas.

Leave a Reply