Keunggulan teknologi sistem operasi terbaru Android Marshmallow

Kenapa menggunakan android? Versi berapakah android yang anda pakai? Apakah keunggulan dan kelemahan sistem operasi android versi terbaru? Apakah nama OS android terbaru itu?, dan bagaimanakah teknologi itu dapat membantu anda? Nah, untuk menjawab semua pertanyaan itu, simak artikel tentang sistem operasi android terbaru berikut.

Sampai saat ini, android masih menjadi sistem operasi yang banyak dipakai oleh sebagian besar pengguna ponsel. Kedepannya, kemungkinan pasarnya juga akan semakin besar. Hal ini senada dengan keputusan WhatsApp yang akan menarik dirinya pada beberapa sistem operasi, diantaranya:

  1. Nokia S40
  2. Nokia Symbian S60
  3. Windows Phone 7.1
  4. Android 2.1 dan Android 2.2 (yang ini adalah versi lama)
  5. Blackberry (bahkan termasuk juga di dalamnya Blackberry 10)

Menurut pihak WhatsApp, mereka hanya akan fokus di platform ponsel yang masih akan banyak dipakai saja. Mereka (WA) menyarankan untuk segera beralih ke versi android terbaru, iPhone atau Windows Phone versi terbaru sebelum akhir 2016.

Nah, dari sini kita bisa sekilas menyimpulkan, bahwa sistem operasi Android versi terbaru masih akan mendapat tempat di kalangan konsumen. Setidaknya ini merupakan prediksi dari pemain besar, yakni WhatsApp.

Sistem operasi Android terbaru adalah Android M, yang merupakan singkatan dari Android Marshmallow. Sistem operasi android terbaru marshmallow ini diluncurkan pada Pebruari 2016. Pada awalnya nama sistem operasi android 6.0 Marshmallow ini, seperi biasa setiap googl meluncurkan suatu produk, ada banyak penasaran yang dimunculkan. Android M, begitu saat awal dipublikasikan. Tidak ada satupun yang mengerti kepanjangan M itu sendiri. Banyak orang memperkirakan M adalah “Macadamia Nut Cookie”, ada juga orang yang mengira M adalah “Milshake”. Dan belakangan singkatan M ini semakin populer adalah kepanjangan Marshmallow. Sistem android M ini diluncurkan secara khusus untuk meningkatkan stabilitas kinerja sistem operasi untuk gedget terbaru. Tentu akan banyak kelebihan dan kekurangan dari sistem teknologi terbaru itu. Biasanya membutuhkan memori RAM dan internal yang cukup besar. Sehingga dari sini, kemungkinan akan membutuhkan upgrade untuk memori handphone yang akan menggunakan sistem operasi android terbaru ini.

Sistem operasi android Marsmallow (Android.com)

Sistem operasi android Marsmallow (Android.com)

Sebagai pengingat, atau mungkin juga menjadi pengetahuan baru buat anda, berikut ini adalah urutan perkembangan sistem operasi android yang telah digunakan:

I. Versi rilis prakomersial  (2007–2008):

  1. Android alpha
  2. Android beta

II. Berikut Sejarah versi Android menurut level API:

  1. Android 1.0 (API level 1)
  2. Android 1.1 (API level 2)
  3. Android 1.5 Cupcake (API level 3)
  4. Android 1.6 Donut (API level 4)
  5. Android 2.0 Eclair (API level 5)
  6. Android 2.0.1 Eclair (API level 6)
  7. Android 2.1 Eclair (API level 7)
  8. Android 2.2–2.2.3 Froyo (API level 8)
  9. Android 2.3–2.3.2 Gingerbread (API level 9)
  10. Android 2.3.3–2.3.7 Gingerbread (API level 10)
  11. Android 3.0 Honeycomb (API level 11)
  12. Android 3.1 Honeycomb (API level 12)
  13. Android 3.2 Honeycomb (API level 13)
  14. Android 4.0–4.0.2 Ice Cream Sandwich (API level 14)
  15. Android 4.0.3–4.0.4 Ice Cream Sandwich (API level 15)
  16. Android 4.1 Jelly Bean (API level 16)
  17. Android 4.2 Jelly Bean (API level 17)
  18. Android 4.3 Jelly Bean (API level 18)
  19. Android 4.4 KitKat (API level 19)
  20. Android 5.0 Lollipop (API level 21)

Dan yang terbaru adalah:

  1. Android M (Marshmallow).

Tentu saja, versi lebih baru selalu merupakan perbaikan dari versi sebelumnya. Untuk versi Android terbaru versi M ini memiliki keunggulan yaitu diclaim membutuhkan sumber energi baterai yang lebih sedikit, sehingga handphone akan lebih hemat baterai, yaitu dua kali lebih irit dari sistem operasi android versi sebelumnya. Tetapi, ini akan sangat tergantung dari smartphone yang digunakan.

Keunggulan sistem operasi android Marshmallow (android.com)

Keunggulan sistem operasi android Marshmallow (android.com)

Keunggulan lain dari sistem operasi android M masrhmallow terbaru ini adalah claim yang mempunyai keamanan lebih tinggi dalam menyimpan data usernya. Sehingga tidak perlu khawatir dengan tindakan hacker yang ingin mencuri data smartphone anda. Semoga saja ini menjadi kabar baik bagi kita sebagai penggunanya.

Dan juga, keunggulan selanjutnya, kemampuan pengisian daya dengan lebih cepat. Mengapa? Karena sistem operasi android teknologi terbaru ini juga mendukung perangkat USB type c yang mampu melakukan pengisian daya dengan lebih cepat.

Penggunaan perintah suara otomatis juga merupakan fitur baru yang menarik bagi pengguna OS android M ini. Sama halnya dengan yang ada pada windows. Pada sistem windows menggunakan Cortana, tetapi pada android terbaru ini, sistem perintah suara disebut dengan istilah yang berbeda.

Tentu saja tidak semua kelas smartphone dapat support dengan sistem operasi android terbaru ini. Hanphone kelas atas saja yang bisa menggunakan android terbaru ini. Jadi mungkin kita harus bersabar untuk bisa menggunakannya. Yah, mungkin ini menjadi salah satu kelemahannya. Tetapi secara umum, sistem android M ini diclaim merupakan sistem operasi terbaik dari generasi sebelumnya.

Sistem android pay yang ditanamkan pada sistem operasi android M atau android 6.0 ini akan diperbarui. Pihak google menjanjikan perubahan pada sistem pembayaran ini dengan memberikan banyak kemudahan dalam sistem ini.

Hal lain yang juga ditambahkan adalah penggunakan pemindai sidik jari pada sistem android terbaru ini. Dengan demikian, anda yang menggunakan android yang menggunakan sistem android marshmallow ini akan mendapatkan pengamanan secara lebih kuat.

Di samping hal-hal di atas, teknologi sistem operasi android terbaru itu juga akan melengkapi dirinya dengan sistem yang disebut sebagai “asisten pintar”, atau dikenal juga “tap on now”. Ini merupakan versi terbaru dari Google now. Penambahan fitur baru juga pada OS android M ini adalah App permissions manager, dan support ARMv8 64 bit. Bagi anda yang belum menggunakan versi android terbaru ini, tentu semakin penasaran saja bagaimana kinerjanya.

Adanya sistem Doze juga menjadi kelebihan dari sistem OS android marshmallow ini. Sistem Doze secara otomatis akan mematikan aplikasi yang aktif saat ponsel tidak digunakan sama sekali.

Untuk dukungan terhadap chrome, android M juga menawarkan fitur bernama custom tabs. Ini berfungsi untuk menempelkan suatu halaman web pada aplikasi yang digunakan.

Itulah bermacam keunggulan yang ditawarkan oleh sistem android terbaru Marshmallow ini. Secara pribadi, saya sangat senang dengan perubahan teknologi yang semakin lebih baik. Tetapi keputusan menggunakannya akan sangat tergantung dengan banyak kondisi yang mempengaruhinya. Kalau ponsel smartphone lama kita tidak support dengan sistem operasi terbaru ini, mungkin pilihannya adalah mengganti dengan smarphone baru yang support, atau tetap menggunakan versi yang lama. Yah, keputusannya tergantung faktor kebutuhan saja. Mungkin harus menunda untuk update teknologi terbaru, tetapi setidaknya dengan mengetahui informasinya, kita bisa mempersiapkan segala sesuatunya sebelum menggunakan setiap teknologi, apa saja, yang terbaru. Saya sendiri lebih senang menggunakan teknologi setelah ada orang yang memakainya terlebih dahulu. Ini membuat saya tidak merasa bodoh karena menggunakan teknologi yang saya tidak tahu apa keunggulan dan kelemahannya.

Nah, sekian dulu untuk artikel kali ini. Artikel ini diberikan sebagai informasi dasar dan bertujuan agar tidak terlalu tertinggal dengan teknologi terbaru. Senang bisa belajar bersama anda. Selamat belajar dan semoga membantu. Terima kasih. Pada artikel selanjutnya, kita akan membahas perkembangan teknologi terbaru yang ada di sekitar kita. Yah, seperti tujuan semula, menjauhkan dari ketertinggalan perkembangan teknologi terbaru (gaptek).

Leave a Reply