Teknologi terbaru Seputar cara dan alat untuk membersihkan kotoran dan debu pada mobil

Baru-baru ini telah diluncurkan teknologi terbaru pelindung cat mobil dari kotoran dan debu. Teknologi ini diciptakan oleh Nissan dan disebut dengan nama teknologi “Ultra-ever dry”.  Lebih tepatnya, ini adalah teknologi cat body mobil. Tujuan utamanya adalah untuk melindungi cat mobil dari kotoran, air hujan, lumpur, dan debu. Nissan terlebih dahulu mengujinya pada prototipe Nissan Note dan mereka akan mengujinya pada mobil secara nyata untuk mengetahui sebarapa efektif teknologi cat ini.

Nissan note (www.nissan-global.com)

Nissan note (www.nissan-global.com)

Ultra-ever dry pada prinsipnya menciptakan lapisan udara antara atmosfir dan body mobil. Tujuannya, lapisan udara ini dapat menghalangi air yang mengenai mobil, sehingga kotoran tidak bisa menempel.

Sebelumnya, Nissan juga pernah melakukan sistem yang hampir sama tetapi diujikan pada lensa kamera di sistem bagian belakang mobil Nissan. Ini bertujuan agar lensa kamera tetap dalam keadaan bersih dan kotoran tidak mengganggu kinerja kamera. Teknologi pada kamera mobil Nissan ini menggunakan air dan udara bertekanan untuk melindungi lensa kamera dari kotoran dan debu agar tidak menempel.

Teknologi terbaru mobil anti kotor juga telah diluncurkan. Masih tentang teknologi cat. Teknologi ini mampu menolak lumpur, hujan, atau debu saat mobil dijalankan sehari-hari. Teknologi ini disebut dengan teknologi cat super hydrophobic dan oleophobic. Ia didesain khusus menolak air dan minyak. Dengan menggunakan teknologi ini, maka diharapkan pengguna merasa memiliki mobil yang bisa “membersihkan dirinya sendiri”. Keren bukan!.

Nah, bagaimana jika anda belum menggunakan teknologi terbaru itu? Banyak diantara kita yang masih menggunakan metode pengecatan mobil yang lama. Tidak masalah. Membersihkan mobil dengan cara manual juga masih ok untuk dilakukan. Berikut ini adalah cara dan alat yang diperlukan untuk membersihkan mobil anda bila sedang kotor, misalnya terkena lumpur, debu, dan hujan.

Cara dan alat untuk membersihkan kotoran pada mobil

Kotoran  yang menempel pada body mobil memang kadang mengganggu kecantikan mobil anda. Beberapa jenis kotoran mudah dibersihkan, tetapi ada kotoran yang sulit dibersihkan. Untuk kotoran yang sulit dibersihkan, anda harus berhati-hati membersihkannya. Jangan sampai saat anda membersihkannya, malah merusak cat mobilnya. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membersihkan kotoran pada mobil.

Mencuci mobil dengan sabun yang khusus untuk cat mobil

Cara ini bertujuan untuk melindungi warna cat mobil anda tidak pudar. Lakukan pencucian mobil dengan sabun khusus mobil seperti biasa. Kotoran yang mudah hilang akan hilang. Jika ada kotoran yang tersisa masih menempel, maka gunakan kain lap yang halus dan lembut, dan campur dengan sedikit sabun khusus mobil tadi. Gerakkan lap tadi secara melingkat pada area kotoran yang tersisa tersebut. Kemudian lanjutkan dengan lap yang lebih bersih. Jika ternyata masih ada sisa kotoran, maka lanjutkan dengan menggunakan wax pembersih.

Membersihkan kotoran dengan Wax pembersih

Ini adalah langkah selanjutnya jika masih tersisa kotoran. Biasanya noda yang dibersihkan dengan wax pembersih adalah noda yang berasal dari aspal jalan, tar, atau kotoran lainnya. Proses pembersihannya juga dilakukan secara bertahap, perlahan-lahan, sampai kotoran benar-benar hilang dari permukaan cat mobil.

Menghilangkan noda atau kotoran serangga dan tar dengan bug & tar remover

Biasanya cairan pembersih kotoran sisa serangga yang mati dan menempel pada body, kaca mobil, atau panel mobil ini banyak dijual di toko-toko pelengkapan otomotif. Kotoran sisa serangga, atau serangga yang mati dan menempel, kotoran tar, dan amda, seringkali memang menyebabkan mobil menjadi kotor. Cara membersihkankan adalah dengan menuangkan cairan tersebut pada kain lap lalu usapkan pada body atau cat mobil yang terkena kotoran. Lakukan pengusapan untuk pembersihan noda dengan gerakan memutar secara pelan-pelan. Ulang gerakan tersebut sampai kotoran benar-benar hilang dari cat mobil anda.

Membersihkan cat body mobil dengan ampelas

Ini adalah cara yang sangat beresiko. Ini biasanya jika ada kotoran yang benar-benar sulit dihilangkan karena sangat tebal dan melekat kuat pada mobil. Cara ini tidak disarankan jika anda tidak berpengalaman melakukannya. Biasanya kotoran membandel yang dihilangkan adalah jika kotoran menempel tebal pada mobil seperti aspal jalan atau getah pohon. Cara ini hanya untuk menghilangkan nodanya. Jangan sampai mengenai cat mobil di lapisan dibawah noda karena bisa merusaknya. Gunakan ampelas pada lapisan noda. Dan setelah noda mulai menipis, maka lanjutkan pembersihan noda dengan menggunakan sabun mobil atau wax pembersih. Intinya, jangan sampai ampelas mengenai lapisan cat mobil anda.

Membersihkan kotoran debu pada mobil dengan kemoceng

Ini biasanya dilakukan jika kotoran atau mobil dalam kondisi kering. Biasanya pada musim kemarau. Kondisi debu yang tidak bisa dihindari sering menempel pada bagian cat, kaca, dan bagian dalam mobil.

Debu harus dihilangkan karena dapat membuat warna cat mobil menjadi buram. Juga jika debu terlalu lama menempel pada bagian cat mobil, debu dapat berubah menjadi kerak yang sangat kuat menempel dan sangat sulit dibersihkan.

Maka dari itu, sedini dan secepat mungkin, debu harus dibersihkan. Biasanya yang paling mudah dilakukan adalah membersihkan debu dengan kemoceng. Cara ini paling efisien dan dapat segera dilakukan. Akan tetapi, kelemahannya dengan menggunakan kemoceng, ada bagian-bagian dari mobil yang sulit dijangkau. Dan untuk itu, mungkin akan lebih baik anda menggunakan vakum cleaner khusus untuk mobil untuk membersihkan debunya.

Bahan-bahan kemoceng pun beragam. Tetapi pada umumnya, bahan-bahan itu didesain baik untuk membersihkan debu yang melekat pada permukaan mobil anda.

Berikut ini adalah bahan-bahan dari kemoceng yang baik digunakan:

  1. bahan kemoceng dari lap mikrofiber
  2. bahan kain
  3. kemoceng dari bahan wool
  4. bahan kemoceng dari bulu ayam atau bulu unggas yang lain
  5. bahan kemoceng dari rumbai rafia, dan bahan yang ada lainnya.

Dan dari kesemuanya itu, kemoceng dengan microfiber adalah salah satu yang sebagian besar orang merasa ini yang terbaik. Tetapi memang harganya lebih mahal dari jenis kemoceng lainnya.

Kemoceng microfiber (source image: mobilku.org)

Kemoceng microfiber (source image: mobilku.org)

Membersihkan kotoran dan debu dengan vakum cleaner khusus mobil

Biasanya, vakum cleaner khusus mobil adalah berbentuk mini. Maka sebagian orang menyebutnya dengan vakum cleaner mini. Hal ini bertujuan agar mudah dibawa dan disimpan di dalam mobil. Disamping itu, memang bertujuan untuk menjangkau bagian sempit dari mobil anda.

Bagian yang paling memerlukan vakum cleaner biasanya adalah bagian berongga sempit. Misalnya sela-sela jok mobil, atau tempat-tempat bagian mobil yang sempit lainnya.

Banyak sekali jenis vakum cleaner yang kini bisa anda dapatkan dan anda sesuaikan dengan budget yang akan diberikan.

Sebelum memilih vakum cleaner anda, maka daya hisap dari alat tersebut perlu dipertimbangkan. perhatikan daya motor dan watt nya, juga desain secara keseluruhan untuk mempertimbangkan daya hisapnya.

Secara umum, berikut ini 5 hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum memilih vakum cleaner:

  • Perhatikan watt, daya motor, dan desain secara keseluruhan daya hisap maksimum
  • Ketahui “Air Watts”, yaitu ukuran yang lebih baik dari daya motor untuk mengetahui daya hisap vakum cleaner.
  • Perhatikan pick up debu. Biasanya semakin tinggi persentese pick up debu maka semakin baik kinerja vakum cleaner. Ini terkait dengan desain vakum. Desain nosel pada silinder dan uprights dapat meningkatkan efek pick up debu ini. Pic up debu adalah mekanisme yang diperlukan dalam menyimpan debu.
  • Perhatikan apakah terdapat kantung atau tidak ada kantung debu pada vakum cleaner.

Leave a Reply