Tutorial Cara Mudah Instal Windows 7 Dengan CD

cara instal windows 7 dengan cd

Mungkin sekarang kita sudah menggunakan sistem operasi yang baru, tetapi dalam beberapa kasus, kita masih menggunakan yang lama. Dalam artikel ini dibahas tentang cara instal windows 7 yang mungkin masih kita perlukan.

Sistem operasi Vista, Windows XP, dan Linux merupakan sistem operasi yang di anggap sudah tidak sesuai zaman. Untuk mengganti sistem operasi tersebut menuju sistem operasi yang lebih upgrade salah satunya bisa anda ganti ke sistem operasi Windows 7.

Sistem operasi Windows 7 ini memiliki kemajuan atau perbaikan di beberapa bagian di banding dengan sistem operasi sebelumnya.

Untuk dapat menggunakan sistem operasi Windows 7 ini tentu anda harus menginstalnya terlebih dahulu. Cara instal Windows 7 sebenarnya tidak sulit, salah satu cara instal Windows 7 yang paling mudah adalah menggunakan CD.

Berikut beberapa langkah yang harus anda lakukan dalam cara instal Windows 7 dengan CD :

  1. Atur Boot pertama yang ada di CDROM
  2. Kemudian masukkan DVD instalasi Widows 7. Setelah masuk langsung restart komputer anda.
  3. Untuk masuk ke menu BIOS tekan tombol Del atau F12 secara berulang.
  4. Jika sudah muncul tampilan menu BIOS anda pilih tab menu Boot.
  5. Langkah selanjutnya adalah mengatur “CDROM Boot Priority” dengan cara mengubah “First Boot Device” menjadi “CD/DVD ROM” (biasanya BIOS dalam setiap komputer akan berbeda-beda, jadi anda bisa menyesuaikan sendiri)
  6. Setelah pengaturan selesai klik tombol F10 untuk menyimpan dan keluar dari pengaturan BIOS.
  7. Sesaat setelah pengaturan selesai, komputer anda akan secara otomatis terestart sendiri dan akan muncul perintah “Press any key to boot from CD or DVD…” lalu tekan tombol enter untuk melanjutkan langkah penginstallan.
  8. Selanjutnya akan muncul “Windows is loading files…”.
  9. Jika sudah terbuka maka akan muncul kolom pengisian bahasa, format waktu dan metode keyboard. Untuk mempermudah anda bisa mengganti format waktunya saja lalu klik next.
  10. Berikutnya akan muncul tulisan “Instal now” kemudian klik pada tulisan tersebut.
  11. Lalu akan muncul layar menu, yang perlu anda lakukan adalah mencentang pada kotak tulisan “I accept the licenses terms..” dan klik next.
  12. Jika sudah maka akan muncul 2 pilihan. Pilih menu “Custom (advanced) lalu pilih menu Drive Option.
  13. Tampilan selanjutnya akan muncul pilihan beberapa partisi yang ingin anda format atau tidak. Jika anda ingin melewati saja langkah ini langsung klik next.
  14. Jika sudah di klik next maka proses installasi akan berjalan sekitar 30 menit dan secara otomatis komputer anda akan terestar sendiri.
  15. Setelah menunggu 30 menit, cara instal Windows 7 dengan CD selanjutnya adalah dengan user name dan password jika anda menginginkan keamanan pada komputer anda lalu klik next.
  16. Anda juga di sarankan untuk mengisi serial number (bisa cari di internet).
  17. Jika sudah di isi makan akan muncul 3 kolom pilihan. Pilih “Ask me later”
  18. Pilih juga zona waktu dimana anda tinggal. Misalnya Jakarta.
  19. Yang terakhir adalah mengeluarkan CD dari komputer dan restart ulang komputer anda. Cara instal windows 7 dengan CD pun selesai.

Semoga penjelasan cara instal Windows 7 dengan CD di atas dapat membantu anda.

Leave a Reply