BAHAYA PAKAI WIFI PUBLIK

WASPADAI BAHAYA MENGANCAM SAAT PAKAI WIFI PUBLIK/GRATIS

Posted on

Berikut ini adalah bahayanya jika kita sering menggunakan wifi publik yang perlu diketahui. Waspadalah!

1. Bahaya Phising

Phising adalah bentuk penipuan dengan cara mencuri data-data penting, misalnya nama lengkap, password, pin, dan lain-lain. Kemudian penipu mengirimkan link lewat email menuju situs yang mirip situs bank dan meminta korban untuk login. Disinilah korban memasukkan data-data penting yang bisa dimanfaatkan oleh si penipu.

Bentuk-bentuk phising ini bisa bermacam-macam. Ada baiknya mengetahui metode-metode phising sehingga kita selalu bisa tetap waspada sejak dini.

2. Bahaya Smishing

Sama seperti phising, smishing juga bertujuan mencuri data-data pribadi yang penting. Bedanya adalah smishing menggunakan media SMS.

Penipu menggunakan SMS yang berisi link menuju situs palsu yang didesain mirip aslinya. Sehingga membuat korban memasukkan data pribadinya disini.

Metode-metode smishing mungkin juga beragam. Sehingga penting untuk tetap waspada dan lebih baik  mengetahuinya sebelum terjadi.

3. Bahaya Malware

Menggunakan WIFI umum juga rawan terjadi penyusupan malware pada perangkat HP atau komputer. Peretasan menggunakan malware juga bertujuan mencuri data pribadi. Malware juga dapat berakibat rusaknya perangkat gadget atau laptop kita. Bahkan, bisa terjadi juga hilangnya data pada perangkat yang kita gunakan.

4. Bahaya virus lain

Tidak hanya malware, penyebaran virus digital yang lain juga bisa terjadi lewat wifi umum. Salah satu virus yang sering menyerang adalah Chameleon. Virus ini dapat menyerang perangkat anda secara otomatis dengan mengakses data atau informasi pribadi anda.

5. Pencurian data

Pencurian data oleh hacker bisa dimanfaatkan untuk berbagai kejahatan yang lain, misalnya membobol akun bank, penyalahgunaan data pribadi, dan Tindakan criminal yang lain.

6. Snooper

Snooper adalah mata-mata atau pengintai. Bedanya dengan hacker yang mencuri data, snooper mengintai dan memata-matai aktifitas internet anda, seperti aktivitas browsing anda atau halaman-halaman situs apa saja yang telah anda kunjungi.

Snooper juga dapat merekam aktifitas online anda, seperti saat mengetik lewat keyboard dan situs apa saja yang telah dikunjungi.

Snooper juga salah satu bahaya yang harus diwaspadai saat memakai wifi public.

7. Pembajakan akun media sosial

Ini adalah suatu hal yang tidak asing lagi. Para pembajak dapat memanfaatkan wifi gratis atau wifi public untuk mengakses media sosial seperti FB, twitter, pinterest, Instagram, dan jejaring sosial yang lainnya.

Data-data pribadi di dalam sosial media bisa disalahgunakan oleh mereka yang tidak bertanggung jawab. Biasanya data yang dicuri lewat aktifitas pembajakan akun sosmed ini adalah data pribadi seperti nama, alamat, foto, dan data pribadi lainnya.

8. Pembobolan akun bank

Prosesnya bisa melewati cara phising atau smishing seperti yang telah disebutkan di atas. Sehingga kita memang harus berhati-hati saat menggunakan wifi publik.

Histori yang terekam dalam perangkat kita dapat ditelusuri oleh para hacker.

9. Iklan yang mengganggu dan berbahaya

Wifi public juga sering menimbulkan iklan yang mengganggu dan berbahaya. Tak jarang, iklan-iklan ini juga mengandung software malicious yang berbahaya.

Demikianlah beberapa bahaya menggunakan wifi publik yang perlu diketahui. Kedepannya, seiring perkembangan teknologi, mungkin akan lebih banyak metode-metode berbahaya yang terus dikembangkan oleh para penjahat digital. Sehingga penting untuk selalu update knowledge agar bisa tetap selalu waspada dan berhati-hati.

Gravatar Image
Belajar dan berbagi lewat tulisan di sisemut.com seputar teknologi terbaru, tips-tips internet, komputer, handphone, dan hal-hal menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.