TIPS AMAN PAKAI WIFI PUBLIK ATAU HOTSPOT UMUM

TIPS AMAN PAKAI WIFI PUBLIK

Posted on

Seperti yang telah kita ketahui, menggunakan wifi publik berpotensi terjadinya beberapa bahaya yang perlu diwaspadai. Berikut ini adalah tips aman saat menggunakan WIFI publik.

1. Hati-hati dengan WIFI publik

Saat menggunakan wifi publik, jangan bertransaksi, terutama transaksi perbankan. Hati-hati, data yang kita masukkan seringkali merupakan data pribadi yang penting saat melakukan transaksi perbankan.

2. Perhatikan nama wifi publik atau hotspotnya

Para penjahat cyber sering kali membuat nama hotspot palsu yang memakai nama serupa. Perhatikan dengan teliti huruf dan angka yang digunakan, garis bawah, dan tanda-tanda baca yang lain pada nama wifi.

3. Jangan auto connect hotspot

Hubungkan perangkat handphone atau laptop anda secara manual dengan wifi publik yang ada. Pastikan mematikan wifi saat tidak dipakai. Dan pilih menu lupakan saat wifi tidak digunakan.

4. Jangan pakai wifi yang meragukan

Hotspot yang tidak terpercaya jangan digunakan. Pastikan wifi aman dan disediakan oleh pihak yang terpercaya.

5. Data seluler lebih baik daripada wifi publik

Sekarang ini data seluler semakin terjangkau. Ini bisa menjadi pilihan saat kita harus online dimana saja.

6. Gunakan VPN saat memakai wifi publik

Dengan cara ini, wifi publik sedikit menjadi lebih aman. VPN melindungi privasi user dengan cara mengenkripsi data lalu dikirimkan ke reuter, sehingga tetap tersembunyi. Pastikan juga VPN yang tidak menjual data penggunanya.

7. Gunakan firewall dan antivirus

Sistem keamanan firewall bekerja dengan mengawasi jaringan yang masuk dan keluar. Firewall juga dapat mencegah pengguna lain untuk mengintip komputer kita.

Caranya adalah dengan menuju Control Panel > System and Security, lalu cari pilihan Firewall untuk mengaktifkannya.

Demikian juga antivirus. Terutama saat menggunakan wifi publik, antivirus dapat mengurangi resiko tindakan kejahatan oleh para hacker.

8. Perhatikan orang-orang di sekitar anda saat menggunakan wifi publik

Pastikan tidak ada orang yang melihat atau mengintip dari belakang bahu anda saat anda bekerja dengan laptop atau gedget di area hotspot yang anda gunakan.

Intinya, memastikan tetap berhati-hati adalah tindakan bijaksana sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

9. Meningkatkan keamanan perangkat

Misalnya, jika anda menggunakna laptop, matikan fitur Computer Sharing nya agar orang lain dalam jaringan wifi yang sama tidak dapat mengakses komputer anda.

CARA AMAN SAAT MENGGUNAKAN HOTSPOT DI TEMPAT UMUM

Gravatar Image
Belajar dan berbagi lewat tulisan di sisemut.com seputar teknologi terbaru, tips-tips internet, komputer, handphone, dan hal-hal menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.