Tidak penting pinter atau tidak, tapi…

Kesuksesan besar itu adalah akumulasi dari sukses kecil-kecil setiap hari.

Jika kesuksesan adalah menyelesaikan masalah, maka kesuksesan besar adalah menyelesaikan masalah besar dengan memecah masalah besar menjadi masalah kecil-kecil dan menyelesaikannya.

Tidak penting apakah anda pinter atau tidak, karena lebih penting adalah ketahanan anda dalam menyelesaikan setiap masalah dalam kehidupan ini.

Yang lebih penting adalah keluesan anda dalam mencari solusi bagi setiap masalah yang dihadapi.

Fokuslah pada solusi masalah, tetapi anda harus fleksibel dalam caranya.

Setiap masalah seringkali tidak hanya selesai dari satu pendekatan saja. Kadang-kadang, dalam banyak kasus, masalah itu perlu didekati dengan berbagai pendekatan cara.

Orang yang terbiasa pinter, terbiasa dianggap pinter di sekolah, seringkali menjadi tertipu dengan dirinya sendiri. Ia menjadi begitu kaku dengan satu pendekatan saja yang dianggapnya benar. Dan jika ternyata masalah tidak selesai, ia menjadi begitu mudah stress dan frustasi. Dan akhirnya ia berhenti dalam kegagalan.

Orang biasa, tetapi punya percaya diri, ia tahu diri, dan mengerti, bisa saja satu cara yang dilakukannya salah, maka ia akan terbuka dengan banyak cara dan pendekatan dalam menyelesaikan suatu masalah. Jika gagal, ia terbuka pada cara lain, cara lain lagi, dan yang lain lagi, sampai ia menjadi melihat pola penyelesaian dari masalah itu.

Orang pintar berpikir seperti pemain catur, ia bisa melihat masalah jauh kedepan dan beberapa langkah kedepan. Yang terjadi kemudian, ia hanya diam berada dalam angan-angan penyelesaian masalahnya. Sedikit langkah saja. Orang biasa, melakukan banyak kesalahan, ia melihat dari jarak pendek, bukan kebanyakan angan-angan. Masalah dan pola penyelesaiannya seringkali terlihat setelah dilakukan banyak pendekatan.

Jadi, bukan masalah pinter atau tidak, tetapi… banyak berbuat atau tidak.

orang pintar

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.