Cara Mematikan Deep Freeze Secara Cepat

Cara mematikan deep freeze

Cara mematikan deep freeze

Deep freeze merupakan sebuah perangkat lunak yang berguna untuk melindungi komputer dari kesalahan set up yang biasanya di lakukan secara manual ataupun karena serangan virus pada komputer.

Cara kerja deep freeze yaitu dengan mengembalikan semua settingan seperti semula saat software ini belum di instal. Dengan sistem kerja demikian, deep freeze ini memiliki kelemahan yaitu semua file atau berkas yang telah di simpan sebelum komputer mengalami kesalahan akan hilang.

Untuk menghilangkan dampak dari software ini, anda dapat mematikan deep freeze. Cara mematikan deep freeze sangat mudah dan sangat bisa di lakukan bahkan oleh anda orang awam yang tidak mengetahui atau menguasai ilmu IT. Berikut langkah-langkah dalam cara  mematikan deep freeze :

  1. Tekan tombol sift dan tahan pada ikon software deep freeze, lalu double klik pada ikon tersebut (ikon berada pada toolbar sebelah kanan bawah)
  2. Setelah anda melakukan double klik pada ikon tersebut maka akan muncul jendela dengan 3 pilihan yaitu :
  • Boot freeze (di pilih untuk mengaktifkan deep freeze)
  • Boot thawed on next (di pilih untuk mematikan deep freeze dalam jangka waktu yang dapat di tentukan. Pengaturan jangka waktu dapat di lakukan pada kolom restart yang berada di sebelahnya. Misalnya jika anda memilih angka 2 maka deep freeze akan mati dalam waktu 2 kali restart komputer anda)
  • Boot thawed (di pilih untuk mematikan deep freeze selamanya)
  1. Pilih salah satu dari ketiga pilihan tersebut dengan cara mengeklik listnya. pemilihan options dapat anda lakukan dengan mempertimbangkan kebutuhan anda.
  2. Langkah terakhir dalam cara mematikan deep freeze adalah dengan klik apply and rebbot.
  3. Selanjutnya komputer anda akan ter restart secara otomatis.

Lalu bagaimana dengan anda yang memiliki komputer dengan software deep freeze yang di password dan ingin mematikannya namun lupa akan paswordnya? Berikut penjelasan bagaimana cara mematikan deep freeze jika lupa paswordnya :

  1. Masuk ke BIOS dan setting tahunnya menjadi 2 atau 3 tahun sebelumnya. Misalnya jika saat ini tahun 2016 maka ubah menjadi tahun 2014 atau 2013.
  2. Selanjutnya restart komputer anda. pada saat booting tekan tombol F8 lalu akan muncul jendela dengan beberapa pilihan. Yang perlu anda pilih adalah Debug Mode (Start Windows in Debug Mode).
  3. Tunggu beberapa saat hingga tampilan Welcome muncul. Saat tampilan Welcome hilang segera tekan tombol Ctrl+Alt+Del maka Task Manager akan terbuka.
  4. Setelah itu pindah ke tab Procceses dan cari proses degan nama DF5Serv.exe dan matikan proses tersebut dengan cara menekan tombol Del atau dengan cara klik kanan dan pilih “End Process”.
  5. Langkah terakhir adalah dengan merestart komputer anda.
  6. Setelah itu maka ikon deep freeze akan di beri tanda silang atau tanda bahwa deep freeze sudah tidak aktif.

Mudah bukan cara mematikan deep freeze di atas? Semoga pembahasan di tas bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.